Bupati Pimpin Upacara HAB ke-67, Kemenag Payung Teduh Semua Umat Beragama

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kulonprogo berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Di antaranya dengan merubah perilaku, sikap dan cara pandang pegawai untuk berorientasi kepada pelayanan.

“Perbaikan juga dilakukan pada sarana dan prasarana agar layanan umat bisa berjalan baik dan terpenting layanan tanpa diskriminasi untuk semua agama atau kelompok, Kementerian Agama adalah untuk semua agama,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kulonprogo HM Wahib Jamil MPd pada Hari Amal Bhakti (HAB) ke-76 Kemenag RI di Hall Gedung Tempat Pembelajaran Terpadu MAN 3 Kulonprogo, Senin (3/1/2021).

Sementara itu Bupati Kulonprogo, Drs H Sutedjo mengatakan Pemkab terus mendukung dan mensukseskan program kerja Kemenag RI. Banyak kegiatan yang telah dilakukan pemkab bersama Forum Kerukunan Umat Beragama dalam menciptakan situasi kondusif di kabupaten ini. Bahkan pada 2020, Pemkab Kulonprogo telah menerbitkan Perbub Nomor 52/ 2020 tentang Pendirian Rumah Ibadat dan Tempat Ibadat. Saat ini pemkab juga sedang memproses perda terkait penataan kerukunan antar umat beragama.

“Kami sangat mendukung ajakan pak Menteri Agama menciptakan kerukunan, kekompakan dan suasana kondusif untuk seluruh umat beragama di Kulonprogo,” jelasnya.

Dalam upacara HAB juga disematkan Tanda Kehormatan Satyalancana karya Satya 20 dan 10 tahun untuk ASN Kankemenag Kulonprogo bagi 30 orang. Selain itu diserahkan penghargaan atas prestasi guru dan siswa madrasah, Juara Kompetisi Sains Madrasah, ASN Excellent dan Sertifikat Tanah Wakaf.

Sedangkan Menag RI Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya dibacakan Bupati Sutedjo mengatakan, Kemenag hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama dan berkomitmen memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya, menjaga Pancasila, konstitusi dan NKRI agar tetap pada jalurnya.

“Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua,” kata Yaqut. (Rul)

 

 

BERITA REKOMENDASI