Bupati Sambut Baik Rencana Pengolahan Minyak ‘Jelantah’

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemkab Kulonprogo menyambut positif tawaran kerjasama pengolahan minyak jelantah dari salah satu perusahaan yang bergerak dalam pengumpulan, pengolahan dan redistribusi limbah minyak jelantah, PT TAA. Pemkab setempat berharap dengan adanya pengolahan minyak tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang nilai ekonomis meskipun sudah jadi limbah.

“Pemkab mendukung kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan ekonomi masayarakat, yang perlu dipikirkan regulasinya agar kerjasama yang dibangun bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berpengaruh positif terhadap pembangunan ekonomi daerah. Untuk kepentingan tersebut perlu kajian mendalam terkait regulasinya,” kata Bupati setempat Drs Sutedjo saat menerima audiensi manajemen PT TAA di Ruang Menoreh kantor bupati setempat, Senin (18/01/2021).

Sementara itu Pimpinan PT TAA, Aji mengatakan, pihaknya tertarik pengelolaan minyak jelantah karena bernilai profit sehingga akan memberi manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat. “Sebagian masyarakat masih menganggap minyak jelantah limbah dan tak benilai ekonomis. Padahal sebenarnya masih bisa digunakan dan bernilai ekonomis. Perlu edukasi bagi masyarakat terkait manfaat dan nilai ekonomi minyak jelantah,” ungkapnya.

Aji mengatakan minyak jelantah nantinya akan diolah sebagai bahan baku BioDiesel dan produksi komersial lain yang diregulasi pemerintah. Pengelolaan minyak jelantah juga berkontribusi dalam pelestarian lingkungan.

“Agar lebih optimal maka pengelolaannya bekerja sama dengan masyarakat atau kelompok masyarakat secara langsung. Namun teknisnya nanti akan menyesuaikan dengan kondisi dilapangan dan regulasi,” ujarnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI