Bupati Tanyakan Pencairan Ganti Rugi Lahan Jalur KA ke Menhub

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemkab Kulonprogo menindaklanjuti keluhan warga terdampak pembebasan lahan untuk jalur rel kereta api (KA) menuju Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) yang hingga saat ini tak kunjung selesai. Bupati setempat Drs Sutedjo meminta pemerintah pusat segera menuntaskan pembayaran ganti rugi lahan bagi warga di Kapanewon Temon.

“Kami menyampaikan terimakasih, surat kami telah direspon kemudian ditindaklanjuti dengan rapat tapi kami sampaikan juga bahwa proses penyelesaian pembayaran ganti rugi mendesak. Mohon proses di awal yang sudah lancar, bisa diimbangi. Kami mohon pembayaran ganti rugi bisa segera dituntaskan,” kata Sutedjo saat menyampaikan permohonan penyelesaian ganti rugi dalam rapat virtual di Command Room Center, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kulonprogo.

Dalam rapat virtual tersebut, Bupati Sutedjo menjelaskan, dari sekitar 560 bidang tanah terdampak di tiga kalurahan yakni Kalidengen, Kaligintung dan Glagah, Kapanewon Temon, baru sekitar 247 bidang yang dibayarkan. Padahal seluruh warga terdampak sudah mengirimkan berkas persyaratan pencairan kepada Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Wilayah (Kanwil) DIY selaku bagian dari tim pengadaan lahan pembangunan rel KA. Berkas dimaksud selanjutnya diteruskan ke Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) untuk dilakukan pemeriksaan.

BERITA REKOMENDASI