Buruh Rokok di Kulonprogo Terima BLT Dana Hasil Cukai Tembakau

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sebanyak 445 buruh rokok yang berdomisili di Kabupaten Kulonprogo mendapat dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana bagi hasil cukai tembakau, Sabtu (11/12/2021). Ini merupakan kali pertama pemerintah daerah memberikan bantuan langsung pada para buruh dari hasil realisasi pendapatan hasil cukai tembakau.

Waljid Budi Lestarianto, Pengurus Daerah Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan Minuman (PD FSP RTMM – SPSI) DIY, mengatakan pemberian BLT ini merupakan kali pertama bagi pekerja buruh rokok di DIY. Pihaknya mengapresiasi Pemkab Kulonprogo yang serius mengakomodasi aspirasi buruh rokok terkait dana bagi hasil cukai tembakau

LPemkab Kulonprogo menyerahkan bantuan diserahkan simbolis oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana hari ini. Ini pertama kali diterimakan pekerja buruh rokok yang sebelumnya belum pernah dapat dana bagi hasil cukai tembakau. Kami menyambut baik realisasi yang dilakukan Pemkab Kulonprogo. Kami berharap di tahun akan datang penerima BLT akan semakin banyak dan dapat dimanfaatkan oleh pekerja buruh rokok,” ungkap Waljid pada wartawan.

Kali ini, tercatat baru 445 dari 900 buruh pabrik rokok di Kabupaten Kulonprogo, lantaran mengacu pada aturan pemerintah didasarkan pada buruh yang belum mendapatkan bantuan sosial apapun dari pemerintah. Namun, pihaknya tetap berharap bantuan langsung ini dapat mengakomodasi seluruh pekerja buruh rokok karena sifatnya spesial.

“Harapannya ke depan bisa dibagikan secara rata bagi 900 pekerja tersebut. Ini kan spesial, harusnya entah sudah dapat bantuan sosial lain, kami berharap tetap bisa mendapat BLT dari dana hasil cukai,” sambungnya.

Sementara, Wakil Bupati Kulonprogo, Fajar Gegana berharap bantuan tersebut dapat membantu para pekerja pabrik rokok di Kulonprogo untuk bertahan menghadapi masa sulit akibat pandemi saat ini. “Semoga dana bagi hasil ini bisa membantu para pekerja menghadapi masa sulit ini,” pungkas Fajar. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI