Cabai Rawit Merah Kian Pedas, Tembus Rp 80.000/Kg

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Harga cabai rawit merah masih tinggi ada dikisaran Rp 80 ribu per kilogram (kg). Terjadi kenaikan satu kali lipat dengan harga cabai merah keriting di kisaran Rp 40 ribu per kg. Keterbatasan persediaan di musim penghujan menyebabkan harga cabai melonjak tinggi.

Dari pemantauan di Pasar Wates, Jumat (08/01/2021) menyebutkan harga Rp 80 ribu per kg untuk cabai rawit merah kelas A. Untuk cabai yang dikenal dengan sebutan cabai setan kelas B ada di kisaran Rp 70 ribu per kg.

Harga cabai warit merah kelas A dua kali libat harga cabai merah keriting di kisaran Rp 40 ribu per kg. Sedangkan cabai rawit hijau di kisaran Rp 45 ribu per kg. Sebagian besar pedagang sayuran, membatasi persediaan karena cabai di musim hujan mudah busuk.

”Biasanya harga cabai rawit merah ada di kisaran antara Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per kg. Saat ini ada dua harga untuk kelas A Rp 80 ribu dan kelas B sekitar Rp 70 ribu per kg,” ujar Dwi Tyastuti, salah seorang pedagang sayuran di Pasar Wates.

Setianingsih (35) pedagang sayuran di lantai dasar Pasar Wates menjelaskan harga cabai masih tinggi meskipun sudah ada penurunan dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Penurunan harga masing-masing jenis cabai sekitar Rp 2.000 per kg. (Ras)

BERITA REKOMENDASI