Capaian Kinerja Kejari Kulonprogo Melebihi Target

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Capaian kinerja Kejaksaan Negeri (Kejari) Kulonprogo hingga bulan Juli 2021, melebihi dari yang ditargetkan dalam satu tahun. Hal tersebut disampaikan Kejari Kulonprogo, Kristanti Yuni Purnawanti SH MH usai upacara terbatas peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-61 di Aula Kejari setempat, Kamis (22/07/2021).

Kristanti Yuni Purnawanti SH MH mengatakan, sesuai dengan tema peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-61, yakni Berkarya untuk Bangsa, Kejari Kulonprogo berupaya untuk mewujudkan hal tersebut dengan capaian target kinerja. “Kita dalam satu tahun sudah ada target kinerja dan menjadi tolok ukur dalam berkarya untuk bangsa dalam bidang teknis seperti tindak pidana umum, tindak pidana khusus, Perdata Tata Usaha Negara (PTUN) dan keamanan umum atau intelijen,” jelasnya.

Capaian di bidang intelijen sangat bagus. Beberapa tugas yang dilakukan dalam jangka waktu enam bulan melampaui target dalam satu tahun. Diantaranya, penyelidikan sudah terpenuhi 1 perkara, penyuluhan hukum seperti jaksa masuk sekolah yang targetnya 4 kegiatan telah terlaksana 9 kegiatan, jaksa menyapa target 2 kegiatan tercapai 6 kegiatan dan penerangan hukum target 2 kegiatan terealisasi 4 kegiatan.

Tindak pidana umum berhasil memenuhi target penuntutan. Tidak ada satu pun penuntutan yang bebas atau lepas atau semuanya terbukti. Di bidang pidana umum jumlah perkara yang masuk 174 perkara dan sudah selesai pemberkasan 93 perkara.

Sementara di bidang tindak pidana khusus target sudah terealisasi, dengan melakukan penyelidikan satu perkara di mana ditemukan adanya indikasi melawan hukum tindak pidana korupsi. Di bidang PTUN, targetnya 1 perkara tercapai sudah 17 perkara.

Sedangkan keuangan negara yang sudah dipulihkan dengan bantuan hukum sebesar Rp 430.000.000, pemulihan uang pengganti dari perkara tindak pidana Rp 3.500.000, pengamanan hukum terhadap proyek-proyek yang didampingi dengan nilai total Rp 258.300.000.000. Di bidang barang bukti dan barang rampasan telah melakukan satu kali penjualan barang rampasan untuk negara dan satu kali pemusnahan barang bukti. (R-2)

BERITA REKOMENDASI