Cepat Melapor Bukan Membuka Aib Keluarga Orang Lain

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pencegahan terhadap tindakan kekerasan dalam keluarga sesungguhnya menjadi tanggungjawab semua pihak. Sehingga kalau ada yang mengetahui terjadi kasus tersebut hendaknya segera melapor. Pemerintah melalui unit khusus akan mengambil langkah-langkah cepat sehingga permasalahan yang terjadi bisa segera teratasi.

“Dengan segera melaporkan adanya kekerasan dalam keluarga bukan berarti kita membuka aib keluarga orang lain tapi lebih pada upaya cepat pencegahan sekaligus penanganan kasus kekerasan dalam keluarga,” kata Kasubag Program pada Bidang Kesejahteraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (DP3AP2) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Soleh Anwari SSt saat Sosialisasi Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Tahun 2021 yang diadakan DP3AP2 DIY di Balai Kalurahan Bumirejo Kapanewon Lendah, Rabu (16/6/2021).

Diungkapkan kekerasan dalam keluarga bukan hanya dalam bentuk kekerasan fisik tapi bisa juga dalam wujud pembiaran dan penelantaran terhadap anggota keluarga seperti istri maupun anak atau bahkan suami. Yang perlu juga menjadi perhatian adalah terpenuhinya hak-hak anak. Sesuai Undang-Undang nomor 23/2002 yang disebut anak-anak berusia sampai 18 tahun.

BERITA REKOMENDASI