Cuaca Ekstrem, BPBD Kulonprogo Siapkan Personil, Logistik dan Peralatan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sebagai upaya menindaklanjuti peringatan dini yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi DIY terkait potensi cuaca ekstrem yang berdampak terjadinya bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah Kabupaten Kulonprogo, maka Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo telah mengambil langkah-langkah antisipasi.

Kepala Pelaksana BPBD setempat, Drs Ariadi menjelaskan, antisipasi yang dilakukan baik dari sisi logistik, personel dan kesiapan Early Warning System (EWS). “Peringatan tersebut sudah diinformasikan kepada seluruh kalurahan dan kapanewon maupun komunitas relawan kebencanaan di Kulonprogo. Demikian juga personel, logistik maupun peralatan juga telah dipersiapkan,” katanya, Kamis (25/2/2021) malam.

Selain itu pihaknya juga akan melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO), TNI, Polri, Basarnas, PMI dan para relawan. Ditegaskan, EWS yang telah terpasang di sejumlah wilayah Kulonprogo yang berpotensi terjadi tanah longsor, angin kencang, banjir, ombak tinggi di pantai selatan juga menjadi perhatian BPBD.

BERITA REKOMENDASI