Cuaca Ekstrem, BPBD Kulonprogo Siapkan Personil, Logistik dan Peralatan

Ada 17 EWS tersebar di sejumlah wilayah Kulonprogo. Di antaranya, enam dipasang di Kapanewon Samigaluh meliputi Kalurahan Banjarsari, Ngargosari, Kebonharjo, Pagerharjo, Purwoharjo dan Sidoharjo. Empat EWS lainnya dipasang di Kapanewon Kokap meliputi Kalurahan Hargomulyo, Hargotirto, Hargowilis dan Kalirejo. Sementara tiga EWS di Kapanewon Girimulyo yakni di Kalurahan Giripurwo, Jatimulyo dan Purwosari.

“Tiga EWS berada di Kapanewon Kalibawang meliputi Kalurahan Banjarsari dua EWS dan 1 EWS di Banjaroya. Kemudian satu EWS di Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Pengasih. Sementara tiga EWS lagi masih kami simpan sebagai cadangan di kantor BPBD. Nanti akan dipasang apabila ada kalurahan yang memerlukan. Seluruh EWS yang telah terpasang tersebut masih aktif,” ungkap Ariadi.

Untuk mengantisipasi kecelakaan laut, Ariadi mengimbau para nelayan dan wisatawan agar berhati-hati terhadap ancaman gelombang tinggi. Semua wisatawan yang berniat berlibur di kawasan pantai Kulonprogo untuk mematuhi imbauan tim SAR.(Rul)

BERITA REKOMENDASI