Dani Pristiawan SP Terpilih Sebagai Ketua Bodronoyo

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Lurah Salamrejo Kapanewon Sentolo, Dani Pristiawan SP terpilih sebagai Ketua Paguyuban Lurah dan Pamong Kalurahan se-Kabupaten Kulonprogo (Bodronoyo) periode 2022-2025. Dani terpilih melalui musyawarah mufakat anggota dalam ajang Musyawarah Daerah (Musda) Paguyuban Bodronoyo di Ruang Adikarta Kompleks Kantor Bupati Kulonprogo, Selasa (11/01/2022).

Bupati setempat Drs H Sutedjo dalam pembukaan musda tersebut minta para lurah dan pamong kalurahan bersinergi melaksanakan prorgam-program pembangunan baik tingkat kabupaten maupun nasional. “Lurah dan pamong harus mampu bersinergi dan sejalan dengan program-program pembangunan pemerintah kabupaten maupun nasional, sehingga pembangunan wilayah menjadi berhasil tanpa ada hambatan berarti,” kata bupati saat membuka musda.

Bupati Sutedjo menyampaikan terima kasih pada para lurah dan pamong telah berperan aktif dalam pembangunan dan mengembangkan wilayah kalurahannya. “Lurah dan pamong harus mampu menjadi pamomongnya (pengasuh) warga yang baik dan kudu siap mental dengan segala tanggapan masyarakat. Saya merasakan ketugasan lurah dan pamong sangat mulia dilandasi jiwa pengabdian. Kita harus ihlas menjalannya karena ada kalanya perbuatan baik tidak ditanggapi dengan baik oleh sebagian orang,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Paguyuban Bodronoyo terpilih, Dani Pristiawan SP mengatakan, dalam musda sempat muncul tiga nama yakni dirinya, Lurah Kedundang Kapanewon Temon Abdul Rosyid ST dan Lurah Banjarsari Kapanewon Samigaluh Muhyadi SAg. Tapi dalam perkembangannya mengerucut peserta musda secara musyawarah mupakat memilih dirinya sebagai Ketua Paguyuban Bodronoyo periode 2022-2025.

“Proses musda sangat dinamis dan endingnya peserta musyarawarah mupakat meminta saya jadi ketua. Dalam mengisi kepengurusan Bodronoyo dirinya akan mengakomodir sejumlah nama yang sempat muncul sebagai kandidat ketua dalam musda. Saya bersama sejumlah anggota sudah mupakat menunjuk Pak Muhyadi sebagai sekretaris dan mas Abdul Rosyid sebagai bendahara,” ungkapnya.

Disinggung tentang program kerjanya sebagai ketua baru, Dani Pristiawan menegaskan, akan melaksanakan sekaligus mewujudkan visi misi yang ada di AD/ART organisasi. “Selain itu tentu ada tambahan-tambahan program kerja yang akan kami rumuskan bersama untuk kemudian dijalankan,” katanya.

Tentang peran Bodronoyo dalam pendampingan terhadap pemerintah kalurahan dalam pengelolaan dana desa maupun anggaran lain agar tidak ada lurah maupun pamong yang tersandung kasus hukum, pihaknya akan intens berkomunikasi sekaligus berkoordinasi dengan dinas/instansi terkait salah satunya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) sebagai rujukan dalam melaksanakan program kerja kelurahan. (Rul)

BERITA REKOMENDASI