Dapat Bantuan ‘Handpone’, Devi Senang

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Warga yang mampu secara ekonomi diimbau untuk terus meningkatkan rasa kepeduliannya terhadap sesama. Sikap tersebut dinilai penting sebagai wujud pengamalan Pancasila, sehingga beban hidup warga yang mengalami kesulitan teratasi.

“Contoh kasus yang dialami Devi Noviyanti, pelajar kelas IV SD Negeri Jetis, Pendoworejo Kapanewon Girimulyo. Devi dan neneknya memang sudah mendapat bantuan dari pemerintah seperti Program Keluarga Harapan (PKH), namun demikian keluarga miskin tersebut tetap memerlukan rasa empati lingkungan sekitar demi meringankan beban hidupnya,” kata Wakil Bupati (Wabup) Kulonprogo Fajar Gegana, Minggu (23/8).

Pernyataan tersebut disampaikannya setelah bersama sejumlah tenaga kontrak pemkab setempat berhasil mengumpulkan donasi dan menyerahkannya pada Devi. “Perhatian dan kepedulian lingkungan terhadap Devi dan neneknya serta warga miskin lainnya sangat dibutuhkan agar mereka bisa mengatasi kesulitan hidup,” tegas wabup.

Devi Noviyanti (10) merupakan salah satu anak dari keluarga miskin di Kulonprogo. Sejak usia dua bulan, Devi di tinggal kedua orang tuanya. Sang ibu meninggal sementara ayahnya pergi dan tidak pernah mengurus anaknya. Sekarang Devi tinggal bersama neneknya, Suratinem (72) di rumah kecil berdinding bambu dan berlantaikan tanah. Devi tidak bisa mengikuti pembelajaran model online, jangankan punya handphone untuk memenuhi makan sehari-hari saja kesulitan. Apalagi sang nenek sudah renta. Satu-satunya elektronik yang ada, radio butut yang kadangkala menemaninya bersama sang nenek untuk memecah kesunyian.

BERITA REKOMENDASI