Dari Arisan, 16 Warga Positif Covid-19

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Warga Pedukuhan Tlogolelo Kalurahan Hargomulyo Kapanewon Kokap Kulonprogo yang terkonfirmasi positif Covid-19 total sebanyak 16 orang. Jumlah ini terdiri dari tujuh anggota keluarga KP-93 dan sembilan tetangga yang ikut dalam arisan.

“Itu laporan data Sabtu (19/09/2020), dan pada Senin (21/09/2020) ini masih kami tindak lanjuti lagi, mengingat warga yang ikut dalam arisan itu cukup banyak,” ungkap Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Fajar Gegana, Senin (21/09/2020).

Fajar menyayangkan penularan yang bersumber dari kegiatan arisan ini. Ia menduga dalam kasus itu ada keteledoran yang dilakukan warga. Ada kemungkinan kegiatan tidak memperhatikan protokol kesehatan. Ini mengingat kegiatan digelar di area pedesaan yang masyarakatnya masih menjalankan tradisi bersalaman. Padahal di masa pandemi seperti ini sebisa mungkin mengurangi kontak fisik.

“Saya katakan agak ceroboh, karena kegiatan kumpul-kumpul dalam lingkungan sekitar atau berskala terbatas seperti arisan sebenarnya boleh saja dilakukan asalkan tetap melaksanakan protokol kesehatan, yakni cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak. Untuk kasus ini kemungkinan warga tidak jaga jarak dan melakukan kontak fisik, seperti cium pipi dan salaman, ini sangat riskan menularkan virus,” ucap Fajar.

BERITA REKOMENDASI