Dengarkan Keluhan Warga, DLH Buka Aduan Online

WATES, KRJOGJA.com – Selama ini aduan dugaan permasalahan lingkungan di sekitar masyarakat yang disampaikan secara konvensional (telepon, datang sendiri, surat) ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulonprogo, masih minim.

DLH membuka sistim pelayanan aduan permasalahan lingkungan hidup secara Online, dalam mendukung program kerja 100 hari bupati dan wabup, diharapkan peran serta masyarakat dalam upaya pemantauan dan pengelolaan lingkungan akan semakin meningkat.

"Bila biasanya pertahun kami hanya menerima sekitar 10 aduan, maka diharapkan setelah adanya aduan lingkungan hidup secara online maka dapat meningkat. Aduan yang kami terima sampai saat ini berkisar masalah limbah, seperti limbah batik yang belum dikelola secara baik, asap dari produksi arang dan lainnya," kata Plt Kepala Dinas DLH yang sekaligus Sekretaris Ir Suharjoko MT, Rabu (06/09/2017). Dalam upaya menginformasikan itu, DLH mengadakan  sosialisasi Sistim Pelayanan Aduan Lingkungan Hidup secara Online yang diikuti organisasi Perangkat Daerah (OPD), kecamatan, dan lainnya.

Kabid Pengawasan dan Pengendalian DLH Atik Yuniastuti, untuk aduan secara online teknisnya dalam subdomain DLH, sistimnya sudah terbangun. "Selain sosialisasi langsung, kami juga sudah mengedarkan surat ke OPD dan kecamatan. Karena lingkungan hidup aspeknya juga berkaitan dengan usaha perindustrian, peternakan dan lainnya yang dimungkinkan terjadinya pencemaran," kata Atik.(Wid)

BERITA REKOMENDASI