Desa Hargorejo Sadar Jamsos Ketenagakerjaan

WATES, KRJOGJA.com – Wakil Bupati (Wabup) Drs H Sutedjo didampingi Sofia Nur Hidayati Kepala Cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kulonprogo meresmikan Desa Hargorejo Kecamatan Kokap sebagai Desa Sadar Jaminan Sosial (Jamsos) Ketenagakerjaan, Sabtu (24/08/2019) malam, di Lapangan Selo Timur Hargorejo. 

Wabup Sutedjo berharap peresmian tersebut dapat menginspirasi desa-desa lain untuk ikut mendukung dan mensosialisasikan program perlindungan BPJS Ketenagakerjaan. "Sehingga seluruh masyarakat pekerja memiliki jaminan sosial dan dapat bekerja dengan tenang. Selain itu risiko pekerjaan dapat diminimalkan," tandas Sutedjo.

Sofia Nur Hidayati menyampaikan, pihaknya mengoptimalkan potensi desa dalam rangka perluasan kepesertaannya, melalui pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Di Kulonprogo baru ada dua yakni tahun 2018 Desa Banjararum dan tahun 2019 ini Desa Hargorejo, dari 87 desa yang ada. 

Seluruh perangkat Desa Hargorejo sudah menjadi anggota empat program yakni Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), dan Jaminan Kematian (JKM). "Saat ini 269 pekerja di Hargorejo sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri," kata Sofia sambil menambahkan Hargorejo juga terpilih sebagai piloting tradisi rempah merah. 

Kades Hargorejo Adi Purnomo menuturkan, desanya jumlah tenaga kerja banyak, meliputi petani, buruh, penderes, peternakan, perajin genteng dan sebagainya. Melalui beberapa kali sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan, warga sudah banyak yang tahu dan ikut. "Ke depan diharapkan masyarakat maupun  pekerja yang lain juga makin mengerti dan menjadi peserta," ujarnya. (Wid)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI