Detik-detik Proklamasi Semua Warga Menghentikan Aktivitas

KULONPROGO (KRJogja.com) – Pemkab Kulonprogo memperingati HUT ke-75 Kemerdekaan RI Ke-75 dengan dua cara. Secara virtual yang tersambung langsung dengan Istana Merdeka, Jakarta. Dalam momentum tersebut nampak hadir di Command Room, Pemkab Kulonprogo, Wakil Bupati (Wabup) Fajar Gegana bersama perwakilan Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Drs Rudiyatno.

Secara terpisah Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo bersama Dandim 0731/Kulonprogo Letkol Inf Dodit Susanto dan Kapolres setempat AKBP Tartono MBA melaksanakan detik-detik proklamasi dengan membunyikan sirine di depan Rumah Dinas Bupati, Alun-Alun Wates, (17/8).

“Dua cara yang tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19 tersebut merupakan serangkaian acara peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-75,” kata Rudiyatno.

Selama detik-detik proklamasi, seluruh masyarakat yang berada di Alun-Alun Wates diminta menghentikan aktivitas sejenak dan berdiri tegak sikap sempurna yang diawali dengan membunyikan sirine.

Bupati Sutedjo menegaskan, pelaksanakan detik-detik proklamasi dapat menumbuhkan rasa kebangsaan dan nasionalisme bagi masyarakat Indonesia. ”Kami berharap semuanya tumbuh rasa nasionalisme atau kebangsaan yang kuat,” tuturnya. (Rul)

 

BERITA REKOMENDASI