Didahului Program Sembako, Pencairan BPNT APBD Dijadwalkan Februari

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pencairan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kulonprogo 2020 diperkirakan akan mendahului Program Sembako 2020 dari Kementerian Sosial (Kemensos). 

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kulonprogo, Y Irianto, mengungkapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program BPNT daerah sebanyak 4.680 kepala keluarga (KK) tidak mampu di luar program Sembako 2020.  

Nilai bantuan setiap KK sebesar Rp 200.000/bulan diwujudkan dalam bentuk beras, telur, lele, gula kelapa dan minyak goreng. Pada awal Februari 2020 dijadwalkan mulai disalurkan melalui 23 e-warung. “Dari hasil rakor terakhir, penyaluran program Sembako 2020 dari hasil rakor terakhir, masih menunggu transfer dari Kementerian Keuangan,” ujar Irianto yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (30/1/2020). 

Menurutnya, ada dua bank daerah yang hendak menyalurkan BPNT APBD Kulonprogo. BPD DIY menyalurkan bantuan untuk KPM sebanyak 2.178 KK di Kapanewon Girimulyo, Kalibawang, Nanggulan, Samigaluh dan Kapanewon Pengasih. Sedangkan Bank Jateng menyalurkan bantuan KPM sebanyak 2.502 KK di Kapanewon Galur, Kokap, Lendah, Panjatan, Sentolo, Temon dan Kapanewon Wates.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos P3A Kulonprogo, Abdul Kahar, menjelaskan pemasok bahan kebutuhan pokok telah dikoordinasikan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kulonprogo, Dinas Perikanan dan Kelautan (DPK) dan Dinas Perdagangan Kulonprogo. “Baik dari Gapoktan (Gabungan Kelompok Petani), KWT (Kelompok Wanita Tani) dan penyalur bahan pokok yang dibutuhkan siap menyuplai ke e-warung,” tutur Abdul Kahar.

Abul Kahar mengharapkan masyarakat dapat membedakan program BPNT di Kulonprogo, yaitu BPNT daerah melalui APBD dan program Sembako dari Kementerian Sosial. Sasaran KPM program Sembako sebanyak 49.194 KK dengan nilai bantuan tiap bulan Rp 150.000/KK. Penyaluran bantuan diwujudkan dalam bentuk beras, telur, ikan dan sayuran melalui e-warung.(Ras)

BERITA REKOMENDASI