Diguyur Hujan Lebat Empat Lokasi di Perbukitan Menoreh Longsor

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Meski tidak menimbulkan korban jiwa, bencana tanah longsor di empat titik lokasi di wilayah perbukitan Menoreh Kabupaten Kulonprogo telah menyebabkan akses jalan tertutup dan aliran listrik terputus.

Di Pedukuhan Kembang Kalurahan Jatimulyo Kapanewon Girimulyo tanah tebing setinggi 50-an meter longsor. Akibatnya ruas jalan kabupaten sebagai jalur utama menuju kawasan Objek Wisata (Obwis) Air Terjun Kedung Pedut dan sekitarnya tidak bisa dilewati.

“Longsornya terjadi tadi siang sekitar pukul 12.00 WIB dan peristiwa ini terparah,” kata relawan dari Sentra Komunikasi Mitra Polri Kulonprogo, Ngatiman di lokasi, Senin (15/11/2021).

Longsor terjadi saat wilayah tersebut diguyur hujan intensitas sedang. Material longsoran menutup ruas jalan yang menghubungkan wilayah Pendem Pengasih – Obwis Kedung Pedut Girimulyo – Wilayah Gunung Kelir Girimulyo. Karena tertutup longsoran material pengendara bermotor yang hendak ke arah Wates atau sebaliknya harus putar balik lewat Waduk Sermo Kokap yang tidak mengalami longsor. “Ada akses lain lewat Tanggulangin Pengasih tapi juga tertutup longsor,” ungkap Ngatiman.

Selain menutup jalan, longsor juga menyebabkan jaringan listrik terputus. Lantaran satu tiang listrik di lokasi kejadian ambruk tersapu tanah longsor. “Untuk sementara penerangan kita ganti genset,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI