Dikeluhkan Warga, Palang Kereta Dukuh Butuh PJU

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Penerangan jalan umum (PJU) di sisi utara teteg (palang kereta api) Dukuh Desa Karangsari Kecamatan Pengasih sangat mendesak ditambah. Agar malam hari pengendara lebih jelas melihat rambu dan keberadaan palang kereta. Karena selama ini penerangan jalan di lokasi tersebut masih kurang terang. 

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Operasional dan Pengendalian Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo Drs Hera Suwanto MM. Dishub sebelumnya telah melakukan rapat pembinaan bagi penjaga palang. "PJU terutama untuk penerangan malam hari, itu kewenangan Dishub. Segera kita survei dan diusahakan pada anggaran tahun depan," kata Hera, Selasa (10/09/2019).

Hera menjelaskan, penjaga palang kereta api yang ditangani Dishub ada tiga. Yakni di Karangwuluh Temon, Dukuh/Cekelan Pengasih, dan Teteg Kulon. Sedangkan PT KAI juga tiga, Teteg Wetan, Polodadi Kulur, dan Kaligintung Temon.

Selama tahun 2019 ini, untuk palang kereta yang ditangani Dishub, ada satu kasus patahnya palang pintu di Teteg Kulon, karena tertabrak truk yang nekad melanggar tanda peringatan kereta lewat. Tidak ada korban hanya kerusakan palang pintu dan segera diantisipasi penggantian material, serta dua jam kemudian sudah terpasang kembali

"Kami setiap dua bulan sekali melakukan pertemuan dengan penjaga palang kereta ini. Selain menerima masukan/keluhan dari bawah, maupun pembekalan cara antisipasi dan penanganan kondisi darurat di palang kereta. Juga merekondisi kerjasama, kekompakan dan "Mutual team working" diantara tim/kelompok petugas palang pintu," tambahnya.(Wid)

BERITA REKOMENDASI