Dikembangkan Pusat Agrowisata di Desa Sukoreno

Editor: Ary B Prass

 

SENTOLO, KRJOGJA.com – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaab Desa (PHP2D) Prodi Pendidikan Matematika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melakukan penyuluhan kepada warga Desa Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulonprogo mengenai pembangunan dan pembentukan pusat Agrowisata. Kegiatan tersebut merupakan salah satu program dari PHP2D Prodi Pendidikan Matematika itu sendiri.

Tedi Fitriyadi, Ketua KKN’PHP2D Pendidikan Matematika didampingi Dosen Lapangan Syariful Fahmi SPdI MPd mengatakan, PHP2D salah satu program bergengsi bagi mahasiswa yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud). “Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menjalankan pengabdian kepada masyarakat khususya dalam pembangunan memajukan asset desa dengan memberikan dana kepada para mahasiswa yang telah lolos seleksi pada program ini,” kata Tedi Fitriyadi, Rabu (01/09/2021). Hadir dalam kesempatan itu, Olan Suparlan SSos selaku Kepala Desa Sukoreno, Kapanewon Sentolo.

Acara dilaksanakan secara offline di Pendopo Kopi Sawah, Desa Sukoreno, ini khusus ditunjukkan bagi kelompok tani, karang taruna, dan kelompok PKK dengan  membuat tim stakeholder yang nantinya akan membantu dalam pengurusan pusat agrowisata.

Menurut Tedi Fitriyadi, penyuluhan ini menjelaskan tentang program HMPS Pendidikan Matematika yaitu agrowisata sayuran yang bekerjama sama dengan stakeholder Desa Sukoreno terutama di Dusun Blimbing. “Selain menanam sayuran yang dijadikan agrowisata kami berharap kegiatan ini dapat menjadi kebiasaan baik bagi warga setempat untuk menanam sayuran di pekarangan rumah,” ujarnya.

 

BERITA REKOMENDASI