Dinkes Gelar Rapid Tes, Sasar Pasar dan Swalayan

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pemkab Kulonprogo terus berupaya menekan penyebaran virus Corona. Setelah kabupaten lain mengadakan rapid tes massal, kini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo menggelar rapid tes massal selektif Covid-19 bagi para pedagang pasar dan kalangan karyawan perusahaan.

Menurut Plt Kepala Dinkes dr Sri Budi Utami, rapid tes massal dilakukan di wilayah Kapanewon Sentolo, Wates dan Pengasih. Ada empat titik yang akan dijadikan tempat rapid tes, Puskesmas Wates, Puskemas Sentolo 2, Puskesmas Pengasih 1 dibantu Puskesmas Pengasih 2 serta UPT Labkesda Dinkes Kulonprogo. Di UPT Labkesda Dinkes nampak warga antre sejak pagi sesuai undangan yang mereka dapat.

“Rapid tes akan dilakukan selama dua hari. Pelaksanaannya kami lakukan secara terbatas hanya kepada 500 warga khususnya pedagang dan karyawan swalayan dan random ‘sampling’ dari pengunjung atau pembeli. Total ada tiga pasar tradisional yang akan dilakukan rapid tes yakni di Pasar Wates, Pasar Bendungan dan Pasar Sentolo.

Sedangkan empat lainnya merupakan toko besar di Kulonprogo di antaranya, Toko Sidoagung, Toko HW, Toko WS dan Toko Busana Bu Madyo. Pemilihan beberapa tempat tersebut pertimbangannya karena pengunjungnya banyak jadi kami mengambil dari sisi risiko penularannya yang cukup besar,” ungkap dr Sri Budi, di sela rapid tes, Selasa (19/5).

Alasan lain diadakan rapid tes massal, karena melihat klaster di DIY semakin berkembang terlebih lagi yang terbaru ada klaster IG yang masih cukup berkaitan dengan masyarakat Kulonprogo. (Rul/Wid)

 

BERITA REKOMENDASI