Diresmikan Bupati, Gerai UMKM Pusat Pemasaran Produk Lokal Kulonprogo

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kehadiran Gerai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mendapat sambutan positif jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo. Bupati Setempat Drs Sutedjo optimis Galeri UMKM bisa membantu pemasaran produk UMKM di Kulonprogo, sehingga ke depan produk lokal mampu bersaing di kancah nasional bahkan internasional. Galeri UMKM merupakan tempat memajang berbagai produk yang dihasilkan perajin sehingga dikenal masyarakat luas.

“Di Kulonprogo banyak UMKM yang memproduksi berbagai produk, hanya saja memang hingga saat ini belum semua UMKM punya galeri sendiri. Keberadaan Galeri UMKM tentu siap mengakomodir produk-produk UMKM yang belum punya galeri itu,” jelas Bupati saat peresmian Galeri UMKM di RM Pondok Lestari, Wates, Senin (9/11).
Sutedjo mengaku bangga sekaligus bersyukur kehadiran galeri tersebut, karena membantu pemerintah dalam membina dan mengembangkan berbagai produk UMKM lokal.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM setempat, Drs Sri Hermintarti mengatakan, berbagai upaya dilakukan dalam pengembangan UMKM di kabupaten ini. Terkini menggandeng pihak swasta, membuat galeri khusus tempat menjajakan produk lokal menuju pasar nasional. Di Galeri UMKM terdapat puluhan produk-produk lokal mulai dari aneka kuliner, batik dan kerajinan tangan. Semua produk dibikin UMKM dibawah bimbingan Diskop UMKM.

“Kami bekerjasama dengan Pondok Lestari membuat gerai khusus menyediakan produk-produk UMKM Kulonprogo. Ketika orang datang tentu selain untuk memenuhi kebutuhan kuliner mereka bisa melihat langsung produk-produk UMKM asli Kulonprogo dan tertarik membeli produk lokal kita,” harap Sri Harmintarti menambahkan dari Pondok Lestari juga dilakukan pemasaran produk secara online

sehingga jangkauan pangsa pasar luas.

BERITA REKOMENDASI