Discover YIA, Wisata Edukasi Kebandarudaraan

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pejabat Tugas Sementara General Manager (PTS GM) Yogyakarta International Airport (YIA), Agus Pandu Purnama mengklaim bandara internasional di Kapanewon Temon Kabupaten Kulonprogo tersebut merupakan satu-satunya bandara yang memiliki kegiatan Airport Education Tour Discover YIA. Masyarakat umum bisa mengakses seluruh sudut bandara baik untuk kepentingan edukasi maupun wisata.

“Airport Education Tour Discover YIA memberikan pengetahuan seputar bisnis bandara atau kebandarudaraan. Kelebihan kegiatan ini seluruh peserta bisa mengakses sisi darat dan udara,” kata General Manager (GM) YIA Agus Pandu Purnama saat menerima rombongan Direksi SKH Kedaulatan Rakyat (KR) mengikuti Airport Education Tour Discover YIA di Ruang Jangkaran Gedung Admin YIA, Kamis (24/02/2022).

Rombongan dipimpin Dirut PT BP KR Muhammad Wirmon Samawi SE MIB dan didampingi Komisaris Utama PT BP KR Prof Dr Inajati Andrisijanti, Direktur Pemasaran Fajar Kusumawardhani SE, Direktur Keuangan Imam Satriadi SH, Direktur Umum Yuriya Nugroho Samawi SE MM MSc, Direktur Produksi Baskoro Jati Prabowo SSos, Wapemred Drs Ahmad Lutfie MA dan Redaktur Pelaksana Primaswolo Sudjono SPt serta Pemred Koran Merapi Swasto Dayanto.

Agus Pandu Purnama mengaku tidak khawatir terhadap keberadaan masyarakat umum yang bisa mengakses sisi darat dan sisi udara YIA melalui Airport Education Tour Discaver YIA. Karena setiap peserta atau pengunjung YIA dipastikan melalui pemeriksaan keamanan yang cukup ketat.

“Kami bisa meyakinkan Kementerian Perhubungan bahwa setiap pengunjung YIA akan melalui sistem pengamanan yang ketat sesuai SOP kebandarudaraan. Termasuk penggunaan X-Ray canggih sehingga mampu mendeteksi barang-barang bawaan pengunjung bandara yang membahayakan,” jelasnya.

Melalui Airport Education Tour Discaver YIA, manajemen PT Angkasa Pura (AP) I selaku pengelola YIA ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang seluruh fasilitas yang ada di bandara, bisa mengetahui cara mengakses bandara dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

“Peserta juga kita kenalkan tentang keamanan bandara, yang intinya sebuah bandara harus aman sehingga mereka (calon penumpang dan pengunjung) harus melalui pemeriksaan. Dengan pemeriksaan tersebut kita yakini bahwa masyarakat boleh masuk sampai sisi udara atau di lingkungan run way,” ungkap Pandu.

Agus Pandu Purnama mengklaim YIA merupakan bandara terbaik di Indonesia dengan kafasitas 20 juta penumpang pertahun atau sebelas kali lipat Bandara Adisucjipto Yogyakarta. “YIA menjadi bandara internasional kebanggaan Bangsa Indonesia,” katanya bangga.

Program Coordinator Airport Education Tour Discover YIA, Djunanto Hutomo mengatakan, kegiatan tersebut merupakan visit atau kunjungan edukasi, supaya masyarakat, pelajar, dan mahasiswa bisa melihat langsung bahkan mengikuti aktivitas dalam bandara. “Dalam Tour Discover YIA kami menyampaikan informasi mulai dari sejarah pembangunan fisik dan budaya serta seni yang menghiasi YIA,” tuturnya.

Sementara itu Dirut PT BP KR, Wirmon Samami merasa sangat menikmati perjalanan naik kereta bandara. Apalagi fasilitas di dalamnya cukup komplit, suasana semakin nyaman karena para penumpang disuguhi pemandangan panorama alam di sepanjang perjalanan menuju Stasiun YIA.

Tentang keberadaan dan telah beroperasionalnya YIA, Wirmon mengaku sangat bangga DIY memiliki bandara yang megah dengan kapasitas daya tampung penumpang luar biasa. YIA betul-betul menjadi kebanggaan masyarakat Kulonprogo dan DIY.

“Selain berfungsi utama sebagai sarana transportasi udara juga menjadi destinasi wisata yang cukup menarik wisatawan lokal, nusantara maupun wisatawan asing. Keberadaan YIA menjadi cerminan terhadap pesatnya perkembangan destinasi wisata dan kemajuan pembangunan serta perekonomian masyarakat DIY,” ungkap Wirmon. (Rul)

BERITA REKOMENDASI