Dishub Bakal Evaluasi Trayek Angkutan Umum

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo hendak mengevaluasi rute trayek kendaraan angkutan umum yang melewati kawasan Pasar Hewan Terpadu (PHT) Pengasih di Rencana Induk Transportasi (RIT) Kulonprogo. Sekretaris Dishub Kulonprogo Joko Trihatmono dan Kepala Bidang Angkutan dan Perparkiran Arif Martono menyampaikan hal tersebut, menanggapi masukan dari sopir Angkudes dan para pedagang Pasar Burung Gawok yang berjualan di pasar burung baru PHT Pengasih.

”Aspirasi dari para sopir Angkudes dan pedagang burung itu menjadi bahan masukan evaluasi rute trayek yang sudah ada. Dishub akan mengkaji dan memasukkan di RIT Kulonprogo,” ujar Joko Trihatmono.

Baca juga :

Danais Rp 1,32 Trilyun Harus Sejahterakan Masyarakat DIY
Suhu Panas Landa DIY, Ternyata Ini Sebabnya

Arif Martono menjelaskan telah ada rute trayek Angkudes dan angkutan umum Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang melewati kawasan PHT Pengasih. Kendaraan angkutan umum enggan beroperasi karena potensi penumpang masih sepi.

Setelah kepindahan para pedagang Pasar Burung Gawok pindah di pasar baru di PHT Pengasih, ada peningkatan potensi penumpang. Rute trayek Angkudes dan AKDPdinilai perlu diaktifkan kembali.

Seperti diketahui sebelumnya, sejumlah sopir Angkudes dan para pedagang burung mengharapkan ada angkutan umum melewati pasar burung baru di PHT Pengasih. Keberadaan angkutan umum untuk menopang keramaian pengunjung di pasar burung. (Ras)

BERITA REKOMENDASI