Dispar DIY ‘Launching’ TIC di Area Kedatangan YIA

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Guna memudahkan wisatawan baik domestik maupun manca negara mendapat layanan informasi maka Dinas Pariwiata Daerah Istimewa Yogyakarta (Dispar DIY) melaunching Tourist Information Center (TIC) di area Kedatangan Yogyakarta International Airport (YIA) Kapanewon Temon, Selasa (22/12/2020).

“TIC tidak hanya memberikan konten dari sisi pariwisata melainkan pendidikan. Selain itu juga memberikan informasi kepada pebisnis dalam berinvestasi dan menanamkan modal di DIY. Saya berharap TIC menjadi tempat bersinerginya berbagai macam informasi yang akan diberikan kepada para wisatawan dan pebisnis yang sedang menggunakan jasa penerbangan udara,” kata Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo usai penggungtingan pita launching TIC.

TIC yang berada di YIA dinilai sangat strategis, merupakan titik temu antara wisatawan domestik dan mancanegara. Apalagi layanan TIC dalam bentuk fisik seperti brosur maupun melalui layanan digital. “Kami juga memberikan informasi melalui televisi touch screen yang bisa mengakses informasi di empat kabupaten dan satu kota di dalam satu device,” jelasnya.

Kendati demikian kalau diperlukan Dispar DIY juga akan menyediakan staff yang standbay untuk melayani Bahasa Perancis, Korea dan Jepang. “Untuk jam operasional TIC tentu menyesuaikan jam penerbangan di YIA,” ujar Singgih.

Sementara itu Pelaksana Tugas Sementara General Manager (PTS GM) YIA, Taochid Purnama Hadi mengatakan, dengan adanya TIC di bandara internasional baru tersebut bisa dimanfaatkan oleh semua pihak dalam rangka mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

“Harapan kita tidak hanya pemerintah daerah saja tapi pemerintah kabupaten atau kota juga dapat berperan aktif memanfaatkan TIC. Misal melalui Pemda DIY mengatur jadwal tampil seni atau yang lainnya. Karena TIC berada di lokasi yang sangat strategis dan cukup luas jika dalam waktu tertentu akan menampilkan kesenian,” tutur Taochid. (Rul)

BERITA REKOMENDASI