Dispar ‘Launching’ Karya Seni Instalasi di Obwis

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Lima karya seni instalasi buatan seniman Kulonprogo akan ditempatkan di destinasi-destinasi wisata di kabupaten ini. Kelima seni instalasi masing Sang Hyang Batara Guru di tempatkan di Gunung Kendil, Ekspresi Kecubung di Bukit Cubung, Lengger Sinamun Ing Samudana di Nglinggo, Korona dan Sang Penyu di Kawasan Pantai Trisik serta Dunia Baru di Alun-alun Wates.

“Pemasangan karya seni instalasi di lima destinasi wisata merupakan bagian rangkaian Gerakan Sambang Kulonprogo atau Sambanggo. Harapannya, pariwisata Kulonprogo sudah siap dibuka kembali saat kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diperlonggar oleh pemerintah pusat,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) setempat Joko Mursito disela launcing karya seni instalasi replika virus Korona dan Penyu di Kawasan Objek Wisata (obwis) Pantai Trisik, Senin (30/08/2021).

Launching dilakukan oleh Bupati Kulonprogo Drs Sutedjo, Wabup Fajar Gegana dan Ketua DPRD Akhid Nuryati SE disaksikan oleh sejumlah seniman lokal. “Seniman Kulonprogo memiliki apresiasi pada karya Seni, meski mereka juga terdampak pandemi Covid-19,” tutur Joko Mursito.

Lebih lanjut dikatakan, selain launching karya seni instalasi, juga diadakan Sambanggo putaran ketiga, sebagai upaya untuk menggeliatkan dan mengembangkan pariwisata Kulonprogo di tengah pandemi Covid-19. Sebelumnya, gerakan yang merupakan program padat karya tersebut sudah digelar di beberapa titik.

Pada putaran pertama, di Bukit Kuniran dan Desa Wisata Jatimulyo, kemudian dilanjutkan ke Kalurahan Banjarasri dan Banjararum Kapanewon Kalibawang. Terbaru digelar di kawasan Pantai Trisik Kalurahan Banaran Kapanewon Galur.

“Sambanggo lebih pada padat karya, bersih-bersih untuk membangkitkan para pelaku wisata, baik yang sedang mengembangkan diri atau membuat destinasi wisata baru,” jelasnya.

Bupati Sutedjo menuturkan, karya seni instalasi yang dibuat merupakan ikon dari tempat wisata masing-masing. “Kami sangat mengapresiasi launching yang digelar Dinas Pariwisata Kulonprogo tersebut,” pujinya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI