Dispar ‘Launching’ Musik ‘Hip Hop’ Khas Kulonprogo

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Kulonprogo terus berinovasi agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bangkit, berkembang dan mengalami kemajuan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu ide kreatif kemudian direalisasikan adalah me-launching musik ‘hip-hop’ bernuansa kesenian tradisional khas Kulonprogo, Tari Angguk sebagai ‘jingle’ resmi pariwisata kabupaten ini.

Menurut Kepala Dispar setempat, Joko Mursito SSn MA, musik Krumpyung ‘Hip Hop’ PATA karya musisi lokal tersebut rencananya akan diputar di seluruh Usaha Jasa Pariwisata (UJP) di Kulonprogo. “Kami berharap musik Krumpyung Hip Hop PATA jadi ‘icon’ pariwisata kita,” katanya saat ‘launching’ di Cafe and Resto Pantai Wewe Kompleks Kantor Dispar Kulonprogo, Jumat (26/2).

Pengenalan musik ‘hip hop’ aransemen alat musik tradisional tersebut di latar belakangi belum adanya musik khas pariwisata di Kulonprogo. Selama ini tempat-tempat UJP justru memutar musik dari luar daerah guna menghibur wisatawan. Dengan adanya ‘jingle’ musik ‘hip-hop’ khas Kulonprogo pihaknya berharap 90 UJP yang ada memutar musik tersebut, sehingga pengunjung destinasi wisata termasuk sektor pendukungnya seperti jasa perhotelan mengenal musik khas pariwisata Kulonprogo.

“Kami perkenalkan musik yang akan menghiasi usaha-usaha pariwisata di Kulonprogo. Musik hip-hop dengan nuansa angguk ini akan menjadi ciri khas, sehingga tidak lagi menggunakan musik daerah lain,” tegas Joko.

Dalam kesempatan tersebut, Joko Mursito juga menyampaikan rencana kegiatan-kegiatan pariwisata di tengah pandemi Covid-19. “Ada dua model yang sudah kami siapkan, yakni menggelar kegiatan pariwisata seperti biasa apabila situasi memungkinkan. Atau menggelar kegiatan pariwisata dengan cara yang berbeda agar aman dari penularan Covid-19,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI