Disparpora Promosikan Wisata dan Kuliner Lewat Goweskul

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO (KRjogja.com) – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kulonprogo bekerjasama event organizer Inspiratif Production berencana menggelar Gowes Kuliner atau Gowes Kulonprogo (Goweskul) pada 11 Desember 2016 mendatang. Ajang tingkat nasional tersebut akan menyusuri pegunungan Menoreh dengan target peserta 300 peserta.

Sekretaris Disparpora setempat Rohedy Gunung mengatakan, Goweskul bertujuan untuk mengembangkan pariwisata Kulonprogo. Sementara Humas Panitia Goweskul Deni Riski menjelaskan, selain untuk pengembangan pariwisata di Kulonprogo khususnya kawasan Menoreh, juga bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berolahraga. “Goweskul mempromosikan olahraga bersepeda yang menyehatkan dan menyenangkan, sekaligus mengangkat kuliner khas Kulonprogo,” katanya dihubungi, Jumat (18/11/2016).

Dilihat dari peserta yang mendaftar, event yang rencanakan akan digelar rutin setiap tahun mendapat respon positif dari komunitas sepeda seluruh Indonesia. "Respons calon peserta relatif tinggi seperti komunitas-komunitas sepeda dari luar daerah, Purworejo bahkan  ada yang dari Sumatera Utara. Target kami kegiatan ini diikuti 300 peserta,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut peserta akan menyusuri rute di kawasan pegunungan Menoreh. Mereka akan disuguhi kuliner Menoreh seperti kopi khas Menoreh, geblek rasa, aneka jajanan pasar, dan kuliner khas lainnya. "Peserta juga akan dihibur beberapa kesenian khas, band akustik dan freestyle," tambahnya.

GowesKul yang menempuh jarak 50 kilometer menawarkan pesona keindahan alam Menoreh yang memanjakan mata. Kepala Bidang Olahraga Dinas Parpora Kulonprogo, Budi Hartono mengatakan, Goweskul dikemas dalam dua etape. Untuk 25 km pertama peserta berhenti di titik peristirahatan, di Sribit. Di situ peserta bisa menikmati kuliner makanan-makanan khas Kulonprogo yang disajikan. Setelah itu dilanjutkan menuju Waduk Sermo. (Rul)

BERITA REKOMENDASI