Ditemukan Fosil Kerangka Paus Purba di Krembangan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Fosil ikan paus purba yang diperkirakan berumur sekitar lima juta tahun ditemukan di Pedukuhan VI Kalurahan Krembangan Kapanewon Panjatan. Fosil tersebut ditemukan oleh warga setempat Tumija (58) beberapa hari lalu saat menggali batu kapur di pekarangannya.

Guna pengkajian lebih lanjut tentang temuan fosil tersebut pihak-pihak terkait mendatangi rumah Tumija. Diantaranya peneliti dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Iwan serta Kepala Sub Pokja Penyelamatan pada Balai Pelestarian Cagar Budaya DIY, RA Retno Isnur W SS. Hadir pada kesempatan itu Panewu Panjatan Setiawan Tri Widada SSos dan Lurah Krembangan Samiran.

Menurut peneliti dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Iwan, melihat ciri-ciri fisiknya fosil tersebut dipastikan merupakan kerangka ikan yang dulu tinggal di laut dalam. Kemungkinan besar jenis paus. Bukan jenis hewan darat seperti gajah ataupun hewan besar yang lain. Untuk memastikannya, pihak BPSMP akan melakukan penelitian secara ilmiah.

“Setelah kami dapatkan hasil yang pasti dan rinci nanti akan diinformasikan kepada masyarakat. Agar bisa diketahui jejak masa lalu tentang fosil ini,” tutur Iwan, kepada KRJOGJA.com baru-baru ini.

BERITA REKOMENDASI