Ditinggal Tidur, Dapur Kebakaran

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Peristiwa kebakaran menimpa dapur rumah milik Muhammad Malik Udin (58) warga Pedukuhan Punukan Kalurahan/Kapanewon Wates, Jumat (31/07/2020) malam. Api diduga berasal dari lilin menyala yang diletakkan di atas meja dapur saat pemadaman aliran listrik.

Udin menuturkan, api diketahui mulai membesar sekitar pukul 23.00 WIB. Saat itu seluruh anggota keluarga tengah tertidur pulas karena sedang mati listrik. Kemudian ia terbangun karena listrik sudah menyala.

“Saat bangun melihat api di dapur mulai membesar dan merembet ke seluruh bagian dapur. Termasuk gudang di sebelahnya untuk menyimpan kayu bakar juga dilalap api hingga menimbulkan kobaran api yang cukup besar,” jelasnya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Lima orang anggota keluarga berhasil menyelamatkan diri. Sebelum tidur, pemilik rumah mengaku tidak mematikan lilin yang masih menyala.

Lilin yang diletakkan di atas meja dapur diduga menyambar dinding dapur yang terbuat dari kayu. Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian sekitar Rp 2.000.000.

Api berhasil dipadamkan Tim Pemadam Kebakaran (Damkar) Kulonprogo, warga sekitar dan relawan gabungan. Petugas Damkar, Gito Waluyo mengatakan, sempitnya medan menjadi kendala bagi armada yang hendak masuk ke lokasi kejadian.

“Untuk memadamkan api membutuhkan waktu sekitar satu jam dengan mengerahkan dua armada Damkar dan satu armada BPBD Kulonprogo,” jelasnya. (M-4)

BERITA REKOMENDASI