DPMPT Kulonprogo Raih Predikat Pelayanan Prima

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, khususnya pada bidang pelayanan publik. Untuk pertama kalinya, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Kabupaten Kulonprogo meraih predikat prima atau nilai terbaik (A) pada penghargaan Evaluasi Pelayanan Publik tahun 2020.

Penghargaan itu diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Hotel The Ritz Charlton SCBD Jakarta, Selasa (09/03/2021). Piagam penghargaan diserahkan Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dan diterima langsung Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan SIP MSi.

Penghargaan yang diterima DPMPT Kulonprogo ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelum mendapatkan predikat prima, DPMPT Kulonprogo pada dua tahun sebelumnya berturut-turut mendapatkan penghargaan predikat sangat baik (A-)

Menurut Kepala DPMPT Kulonprogo, Agung Kurniawan SIP MSi, penghargaan tersebut tentu menjadi tambahan semangat bagi pihaknya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat. “Ini jadi penyemangat bagi kami dalam melakukan peningkatan kualitas pelayanan, sekaligus memperbaiki pelayanan agar lebih baik untuk masyarakat,” katanya.

Selain DPMPT Kulonprogo, total terdapat 15 instansi DPMPT kabupaten/kota yang mendapatkan predikat prima atau terbaik. Instrumen evaluasi pelayanan publik meliputi, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, pelayanan konsultasi dan pengaduan, serta inovasi yang dikembangkan.

Terhadap penghargaan tersebut, Bupati Kulonprogo, Drs H Sutedjo memberikan apresiasi. Penghargaan yang didapat pemkab di bidang pelayanan publik ini merupakan buah dari kerja keras jajaran terkait dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Menurut Bupati Sutedjo, sudah menjadi kewajiban bagi pemkab selaku pelayan publik untuk memberikan pelayanan terbaik. Jika kemudian hal ini mendapatkan penghargaan, tentu pihaknya bangga dengan jajaran dinas terkait dan terima kasih kepada masyarakat Kulonprogo.

Diungkapkan Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo, pelayanan publik yang prima menjadi titik utama menggerakkan perkonomian daerah, iklim investasi dan yang lainnya. “Reformasi birokrasi masuk dalam visi misi pemerintah, komitmen bagaimana mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat, perizinan, termasuk berbagai hal kemudahan, baik pendatang maupun warga, agar mendapatkan pelayanan terbaik dari aparatur pemerintah,” katanya.

Selain itu, Tjahjo Kumolo mengatakan, meski dalam kondisi pandemi covid, pihaknya berharap agar aparatur pemerintah tetap produktif. “Semangat perbaikan, ke depan tantangan semakin berat dan kompleks. Aparatur pemerintah harus sehat, terapkan protokol kesehatan dan disiplin yang baik,” pungkasnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI