DPTb dan DPK Masih Berlangsung, KPU Menunggu

WATES, KRJOGJA.com – Hasil Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang saat ini pelaksanaannya terus berjalan dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) masih ditunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo.

"KPU memang telah dan akan melaksanakan DPTb di setiap kecamatan. Sesuai jadwal DPTb dilangsungkan dari 19 hingga 31 Januari. Penyusunan DPTb akan direkap tahap pertama 18 Februari dan DPK direkap 17 Maret mendatang. Data DPTb selama dua hari mendapatkan 41 orang, yakni di Kalibawang ada 34 orang dan Galur 7 orang, sedangkan lainnya masih dalam proses," kata Yayan Mulyana Ketua Perencanaan, Program dan Data Informasi pada KPU Kulonprogo (yang membidangi pemutakhiran data pemilih).

Untuk Daftar Pemilih Khusus (DPK), sementara ini belum ada tambahan, masih yang dulu yakni 11 orang. Sedangkan lainnya masih diproses PPS dan PPK yang tahu wilayah masing-masing. "Bila didapati warga yang sudah berusia 17 tahun atau memiliki e-KTP namun belum terdaftar dalam DPT maupun DPK, maka bisa langsung menghubungi petugas PPS di masing-masing desa, atau bisa pada hari H membawa e-KTP nya sesuai tempat yang tertera di KTP-nya," urai Yayan.

Untuk beberapa proyek yang ada di Kulonprogo, kata Yayan, KPU terus berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti pihak pengelola Bandara. Sebab untuk pekerjanya boleh jadi yang esok tinggal akan berbeda dengan yang sekarang bekerja. Besok yang bekerja pada Hari H akan berbeda pula dengan yang sekarang bekerja, jadi harus banyak koordinasi.

"Kendala selama ini terutama terkait DPtb adalah di lokasi-lokasi proyek, salah satunya di Panjatan pekerjanya ganti-ganti. Tentunya yang lebih paham dengan pekerjanya adalah mandor masing-masing. Sehingga kami kumpulkan mandor untuk sosialisasi agar dapat membantu petugas melakukan pendataan bila ada yang akan pindah memilih pada pemilu nanti," kata Yayan. (Wid)

BERITA REKOMENDASI