dr Hasto Wardoyo: Pendataan Keluarga Penting agar Penduduk Berkualitas

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Pendataan keluarga 2021 sangat penting untuk mengetahui data mikro. Berbeda dengan data makro, data mikro merupakan potret kondisi keluarga, seperti kondisi rumah, penggunaan air dan makanan yang dikonsumsi. Melalui pendataan mikro pemerintah menjadi tahu kondisi setiap keluarga di Indonesia.

Dengan mengetahui data mikro mempermudah bagi perencanaan pembangunan kependudukan dan ketahanan keluarga. Selain itu juga akan mempermudah pemerintah dalam memberikan bantuan dan lebih tepat sasaran. Pembangunan keluarga menjadi kunci kesuksesan masyarakat. Kalau keluarganya berkualitas dan masyarakatnya berkualitas maka penduduknya juga akan berkualitas .

“Data mikro penting karena pemerintah daerah menjadi tahu kondisi detail masig-masing keluarga di daerahnya. Kepala keluarga (KK) mana yang pantas mendapat Program Keluarga Harapan (PKH), mendapat perhatian risiko stunting dan KK yang perlu mendapat perhatian rumahnya termasuk berapa yang perlu diperbaiki lingkungan sanitasi dan berapa KK yang belum menggunakan air bersih,” tegas Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI, DR (HC) dr H Hasto Wardoyo SpOG (K) didampingi istri dr Dwikisworo Setyowireni SpA (K) usai mengikuti Pendataan Keluarga 2021 di Kompleks PAUD Sadewa Wates, Sabtu (3/4).

BERITA REKOMENDASI