Drs Sutedjo Raih Penghargaan Tokoh Motivator dan Pemberdayaan Daerah dan Desa 2022

Editor: Ary B Prass

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Bupati Kulonprogo, Drs Sutedjo mendapat penghargaan sebagai Tokoh Motivator dan Pemberdayaan Daerah dan Desa 2022 di Gedung Serbaguna Ditjen Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kalibata, Jakarta, Kamis (27/1/2022).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat Agung Kurniawan MSi mengatakan, penyerahan penghargaan berlangsung dalam seminar nasional Bina Pemerintahan Desa, bertajuk ‘Tata Kelola Pemerintahan Desa dan Strategi Percepatan Kemandirian Desa Menuju Kesejahteraan Masyarakat dan Andil Bela Negara’.

Selain Bupati Sutedjo, ada 28 tokoh publik juga mendapat penghargaan.
Dalam kesempatan tersebut ungkap Agung Kurniawan, keynote speech Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri Dr Yusharto Huntoyungo MPd mengatakan pemerintah terus berupaya melakukan langkah perbaikan atas kinerja pengelolaan keuangan desa, baik dari aspek kebijakan maupun instrumen pendukung.

“Hal ini mengingat besarnya anggaran yang dikelola desa saat ini, membawa implikasi tuntutan cara kerja profesional, efektif, efisien, transparan serta akuntabel dengan prinsip pengelolaan keuangan desa yang baik,” tegasnya ditirukan Agung di ruang kerjanya, Jumat (28/1/2022).

Sementara itu akademisi dan staf ahli Kemendagri Prof Dr Owin Jamasy PhD menjelaskan, dari 17 ribu pulau di Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah desa sebanyak 816.616 dan masih ada Desa Tertinggal sebanyak 20.432.

“Banyak cara untuk memberdayakan desa dan meningkatkan kesejahteraan desa, salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” jelas Prof Owin.

BERITA REKOMENDASI