Dua Beruang Madu WRC Bakal Dilepasliarkan

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Dua ekor beruang madu Sumatera yang sempat lepas dari kandangnya berhasil tertangkap semuanya, Rabu (29/4/2020) malam. Dua ekor satwa rehabilitasi ‘Wildlife Rescue Center’ (WRC) Yogya milik Yayasan Konservasi Alam Yogyakarta (YKAY) di Pedukuhan Paingan Kalurahan Sendangsari Kapanewon Pengasih, rencana akan dirilis untuk dilepasliarkan.

Kepala Seksi Konservasi wilayah I Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Yogyakarta, Untung Suripto mengatakan, dua beruang madu Sumatera jenis kelamin jantan dan betina ini sebenarnya akan dilepasliarkan atau trans lokasi ke Sumatera. Namun karena sedang wabah virus Korona (Covid-19) untuk sementara belum dapat terlaksana.

Dua beruang tersebut dilaporkan terlepas dari kandang sekitar pukul 17.00 wib, Rabu (29/4/2020). Setelah berkomunikasi dengan pihak YKAY, diketahui peristiwa ini terjadi karena faktor kelalaian dari ‘keeper’ atau petugas kandang beruang dan tidak ada unsur kesengajaan. Saat beruang dimasukkan kandang, posisi pintu sudah terkunci dan tergembok tapi kurang sempurna. Gembok terlepas saat pintu terdorong.

BERITA REKOMENDASI