Dua Hari, Puncak Kepadatan Kendaraan

WATES, KRJOGJA.com – Kepadatan arus kendaraan yang melewati jalan jalur selatan Kulonprogo masih terjadi hingga Jumat (30/6). Volume kendaraan dari arah timur (Yogyakarta) dan dari arah barat (Jakarta) sekitar 54.664 kendaraan, didominasi mobil pribadi hampir seimbang.

Kepala Seksi Rekayasa, Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan (Dishub) Kulonprogo, Hermawan Udi Santoso menjelaskan kesulitan memprediksi puncak arus balik lebaran. Perkiraan puncak arus balik pada H + 4 atau Jumat (30/6) tidak terjadi di jalan jalur selatan Kulonprogo. Volume kendaraan yang melintas di jalur selatan Kulonprogo, Kamis (29/6) tidak mencapai sebanyak pada Selasa (27/6) atau H + 1 Idul Fitri mencapai 63.498 kendaraan. "Volume kendaraan masih tinggi tetapi tidak setinggi pada satu hari setelah Idul Fitri,” kata Hermawan Udi Santoso.

Kesulitan memprediksi kendaraan arus mudik dan balik lebaran, wilayah Kabupaten Kulonprogo berada diantara Jakarta dan Surabaya. Mobilisasi pemudik berkendaraan, baik dari arah barat maupun timur hampir sama. Puncak kepadatan kendaraan di Kulonprogo justru terjadi pada H+2 dan H+1 Idul Fitri atau Senin (26/6) dan Selasa (27/6). Terjadi peningkatan kepadatan pada waktu yang sama dibandingkan pada Lebaran 2016. (Ras/*-32)

BERITA REKOMENDASI