Dua RW Kawasan Kumuh Di Wates

KULONPROGO (KRjogja.com) – Daerah Kumuh di Kota Wates terdapat pada RW 07 Wetan Pasar dan RW 13 Wonosidi Kidul. Kriteria daerah kumuh di Kota Wates dinilai masih membingungkan.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Zahram Asunarwan ST MT, ada beberapa kriteria yang menjadikan daerah itu ditetapkan daerah kumuh.  Diantaranya dimungkinkan ke depannya akan kumuh, jalan lingkungan akan rusak atau masih belum bagus, kualitas rumah, dan masalah drainasenya kemungkinan menjadi penyebab banjir.

Perkotaan nantinya akan kumuh, seiring dengan banyaknya kegiatan. Penetapan daerah kumuh juga untuk mencegahnya.  "Yang di Wonosidi Kidul itu karena kalau hujan menjadi banjir, perlu diperbaiki," kata Zahram seraya menambahkan, nanti akan ada bantuan dari pusat untuk penataan.

Ketua RW 7 Wetan Pasar Wates, Wartana ketika dikonfirmasi mengaku tidak begitu tahu pasti kriteria apa yang ditentukan oleh SKPD terkait yang menjadikan wilayahnya di RT 01 termasuk kriteria daerah kumuh. "Hanya dari yang saya baca dari berbagai sumber daerah kumuh terkait drainase, penataan permukiman termasuk lebar jalan, sanitasi (termasuk akses mendapatkan air bersih). Tapi kalau lingkungan RW kami akses mendapatkan air minum sudah semua. Sedangkan yang lingkup pasar terkait kondisinya seperti itu, terutama sampah. Sekarang kegiatan perdagangan 24 jam, karena dari mulai pasar pagi, siang, dan pujasera malam," katanya ketika dikonfirmasi Senin (19/09/2016). (Wid)

BERITA REKOMENDASI