Dua Tahun Pandemi Covid-19, Banyak Kegiatan Kundha Kabudayan Tak Terlaksana

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Kundha Kabudayan (Dinas Kebudayaan) Kulonprogo bisa memaklumi keluhan para pelaku dan pegiat seni kebudayaan tentang minim bahkan nyaris tidak adanya kegiatan selama pandemi Covid-19.

“Kalau komplain karena tidak ada kegiatan sih, gak ada. Tapi teman-teman pelaku seni budaya memang ngada rasa tentang kondisi memprihatinkan selama pandemi Covid-19. Hal ini kan bersifat force majeur (keadaan memaksa-Red.) sehingga para seniman dan pegiat kebudayaan menyadari betul bahwa ini masalah keselamatan manusia,” kata Sekretaris Kundha Kabudayan setempat Drs R Yudono Hindri Atmoko, Minggu (1/8/2021).

Diakuinya sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia sekitar dua tahun lalu, kemudian disikapi pemerintah dengan kebijakan lockdown, PPKM Mikro lalu PPKM Darurat dan Level, hampir semua kegiatan dicancel. “Terutama saat penerapan PPKM Darurat, semua kegiatan kami off kan dan kebetulan ada refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19,” jelas Yudono.

Kendati semua kegiatan off tapi pihaknya masih memiliki cadangan kegiatan yang apabila nanti memungkinkan untuk dilaksanakan salah satunya Lomba Bahasa dan Sastra. “Insya Allah diadakan Agustus ini. Lalu mengikuti Lomba Lukis DIY-Kyoto 2021 dan pada kegiatan tahun lalu sembilan pelukis duta Kulonprogo ikut,” ujarnya di dampingi Kabid Adat, Tradisi Lembaga Budaya dan Seni, Wruhantoro SS.

BERITA REKOMENDASI