Dukung Bebas TB HIV/AIDS, Rutan Wates Gelar Skrining

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Demi mencegah penularan penyakit Tuberculosis (TB), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Wates menggelar skrinning TB dan HIV/AIDS serta gula darah untuk para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan Pegawai Rutan Kelas IIB Wates, Senin (18/10/2021)

Skrinning berlangsung dua hari, Senin (18/10/2021) ditujukan untuk warga binaan dan Selasa (19/10/2021) di laksanakan untuk pegawai Rutan Wates. Skrinning ini kerja sama Rutan Kelas IIB Wates dengan Tim Zero TB UGM Yogyakarta, Dinas Kesehatan Kulonprogo, serta Puskesmas Wates.

Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk langkah preventif dalam penyebaran penyakit TB HIV/AIDS di lingkungan Rutan. Hal ini sejalan dengan target Pemda DIY untuk menuju Daerah Bebas TB pada tahun 2035 mendatang. Zero TB merupakan proyek kolaborasi antara Universitas Gadjah Mada, Burnet Institute (Australia), Dinas Kesehatan Yogyakarta, dan Dinas Kesehatan Kulonprogo dengan melibatkan berbagai pihak turunan, termasuk puskesmas kapanewon dan kader masyarakat (volunteer).

Kegiatan dimulai dari pendaftaran dengan pengisian formulir, skrinning Covid-19, wawancara risiko TB dengan perawat, pengukuran tinggi dan berat badan, dan dilanjutkan dengan pengambilan sampel darah untuk tes HIV/AIDS, rontgen dada dan pengambilan sampel dahak.

BERITA REKOMENDASI