Festival Menoreh Nyawiji Bersinergi 2021 Terpusat di Kalibawang

Editor: Agus Sigit

KULONPROGO, KRJogja.com – Festival Menoreh 2021 bertemakan ‘Menoreh Nyawiji Bersinergi’ yang diadakan Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan Universitas Gadjah Mada (UGM) mendapat apresiasi positif dari Bupati Kulonprogo, Drs Sutedjo.

palagi dalam festival yang berlangsung dua hari, Sabtu-Minggu (4-5/12) tersebut melibatkan semua kalurahan di Kapanewon Kalibawang dan tiga kalurahan di Kapanewon Samigaluh.

“Terima kasih Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan UGM telah memberikan pendampingan pada masyarakat di dua kapanewon. Masyarakat juga meresponnya dengan baik sehingga hasilnya dipamerkan dalam festival,” kata Bupati Sutedjo di Kompleks Balai Kalurahan Banjarasri, Kalibawang, Minggu (5/12).

Sutedjo berharap Festival Menoreh bisa dilaksanakan rutin setiap tahun. “Kegiatan ini bagus dan hendaknya digelar rutin dengan tempat yang berbeda, sehingga memberi manfaat luas bagi masyarakat,” jelasnya.

Pembukaan festival dimeriahkan tari selamat datang Sekar Puji Astuti kreasi Sidoharjo dan Punokawan Banjarharjo serta diwarnai arak-arakan gunungan hasil bumi yang diiringi Bergada Banjarasri

kemudian diperebutkan masyarakat.
Lurah Banjarasri Drs Mardi Santoso juga berharap Festival Menoreh diharapkan memberi manfaat dan bisa dilaksanakan rutin setiap tahun.

“Harapan saya Festival Menoreh Nyawiji Bersinergi di Kalurahan Banjarasri bisa diadakan pada tahun-tahun mendatang mengingat kegiatan ini benar-benar bisa meningkatkan perekonomian dan pariwisata sekaligus pelestarian budaya di dua Kapanewon Kalibawang dan Samigaluh,” tuturnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI