FK UGM Baksos Pemeriksaan Mata untuk Pengrajin Batik

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO (KRjogja.com) – Divisi Oftalmologi Komunitas, Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (FK UGM) Yogyakarta mengadakan bakti sosial, mengawali peringatan Dies Natalis ke-71 FK UGM. Kegiatan pengabdian masyarakat ini berupa pemeriksaan dini kesehatan mata terhadap 100 buruh pengrajin batik di Desa Ngentakrejo dan Desa Gulurejo, Kulonprogo, Sabtu (9/12/2017).

Kepala Divisi Oftalmologi Komunitas FK UGM Prof dr Suhardjo SU SpM(K) mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya bekerja sama dengan Departemen Ilmu Saraf, Departemen Kulit dan Kelamin serta Departemen Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT). "Tujuannya untuk menjaga kesehatan mata serta meningkatkan kualitas penglihatan para pengrajin batik," terang Prof Hardjo kepada KRjogja.com usai kegiatan.

Menurutnya, pengrajin batik sangat berperan dalam melestarikan budaya Indonesia yaitu batik, yang banyak tersebar di Bantul, Kulonprogo dan Kota Yogya. Para pengrajin itu umumnya para orangtua yang saat membatik sering melakukan kegiatan penglihatan dekat. "Diharapkan baksos pemeriksaan mata ini akan meningkatkan kualiatas penglihatan mata dan nantinya meningkatkan produktivitas para pengrajin batik," harap Prof Hardjo. Pemeriksaan kesehatan mata terdiri pemeriksaan mata dasar, status refraksi dan kondisi air mata para pengrajin batik. (Dev)

 

BERITA REKOMENDASI