Fraksi DPRD Kulonprogo Bakal Berkurang Satu

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Fraksi di DPRD Kabupaten Kulonprogo periode 2019-2024 bakal berkurang satu. Periode sebelumnya ada 7 fraksi, maka sekarang menjadi 6 fraksi. Partai NasDem bakal bergabung dengan Fraksi Partai Golkar.

”Kami akan bergabung dengan Fraksi Partai Golkar. Kami sudah koordinasi. Dan ini juga merupakan instruksi pimpinan wilayah. Kenapa bergabung di Fraksi Partai Golkar, karena platform memiliki kesamaan visi ke depan,” kata Nasib Wardoyo SPd.

Diungkapkan Sekretaris DPRD Kulonprogo Drs Yohanes Irianta MSi, setelah rapat paripurna, pihaknya sudah menyiapkan agenda untuk menyusun perubahan tata tertib DPRD. Kemudian setelah disepakati dikirim pada partai politik (parpol) untuk membuat komposisi fraksi. Sampai akhirnya nanti memilih ketua definitif dan mengusulkannya kepada gubernur.

”Fraksi nanti hanya ada enam. Kalau periode 2014-2019 ada tujuh, Fraksi PDIP, Fraksi Partai Amanat nasional, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai Gerindra, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Fraksi Bersatu. Untuk periode 2019-2024 Fraksi Bersatu tidak ada. Sedangkan Partai NasDem nanti dari parpolnya mau bergabung ke mana, yang sejalan dengan haluan kebijakan partai,” tutur Irianta.

Ketua DPRD Sementera Akhid Nuryati SE juga mengatakan, setelah rapat paripurna pengucapan sumpah janji, maka segera dilaksanakan agenda untuk penetapan pimpinan definitif, pembentukan alat kelengkapan dan penyusunan tata tertib DPRD.

”Kami bersama teman-teman fraksi petahana sudah mengadakan pembicaraan awal menyusun alat kelengkapan secara proporsional dan profesional. Diharapkan DPRD ke depan lebih efektif, optimal, implementasi tupoksi DPRD lebih baik. Mengedepankan Kulonprogo lebih baik pembangunannya daripada yang sifatnya politis, kekuasaan untuk meraih alkap,” ucapnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI