Gelar Potensi Desa Budaya 2021 Sukses Digelar

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Gelar Potensi Desa maupun Kalurahan Budaya tahun 2021 sukses digelar di Provinsi DIY dan diikuti 56 Desa/Kalurahan Budaya yang terdiri dari 12 Desa dari Kabupaten Sleman, 12 Desa dari Kabupaten Bantul, 15 Desa dari Kulonprogo, 15 Desa dari Gunungkidul, dan 2 Kalurahan dari Kota Yogyakarta.

“Kompetisi bukanlah tujuan akhir tetapi proses ini lah yang sangat membanggakan, sangat kita hargai proses-proses menuju berkebudayaan, kerja-kerja kebudayaan yang dilakukan secara bersama-sama dengan sangat membahagiakan,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan DIY, Dian Lakhsmi Pratiwi saat penutupan Gelar Potensi Budaya di Taman Budaya Kulonprogo, Selasa (23/11/2021).

Dian berharap dengan adanya gelar potensi budaya menjadi salah satu upaya untuk menggembangkan kesadaran akan nilai-nilai kebudayaan dan potensi desa dapat ditemukan. Disisi lain, nilai kebersamaan dan kegotongroyongan dapat dipelihara dengan baik.

“Kedepan kita berharap bahwa proses-proses akan semakin baik, berkembang, semakin banyak kreasi, inovasi dan semakin banyak kesadaran-kesadaran berbudaya yang semakin berkembang dan muncul di seluruh elemen potensi desa budaya,” jelasnya.

Bupati Kulonprogo, Sutedjo berharap kegiatan gelar potensi budaya dapat memberikan manfaat yang besar bagi pelestarian budaya yang dapat dikembangkan secara terus menerus. “Mampu memberikan kemanfaatan lebih besar bagi pengembangan dan pelestarian budaya yanh telah ada selama ini dan mampu memberikan ruang bagi kreativitas dan inovasi yang akan dikembangkan para seniman dan pecinta budaya di Kabupaten Kulonprogo khususnya dan di DIY pada umumnya,” jelasnya.

Sutedjo meneyebut budaya merupakan jati diri sebuah bangsa sehingga harus terus dilestarikan keberadaannya. “Sebuah bangsa apabila tidak mmpu memilihara dan melestarikan budayanya sendiri maka sesungguhnya bangsa itu sedang kehilangan jati dirinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Pemeliharaan dan Pengembangan Adat, Tradisi, Lembaga Budaya dan Seni Disbud DIY, Yuliana Eni Lestari Rahayu melaporkan kegiatan Gelar Potensi Desa/ Kalurahan Budaya merupakan ekspresi budaya unggulan dari 56 Desa/ Kalurahan dan telah sukses diselenggarakan. Kegiatan telah dilakukan sepanjang bulan November 2021 dan Kabupaten Kulonprogo menjadi penampil terakhir sekaligus tempat di mana penutupan acara dilakukan. “Pengumuman akan dilaksanakan 9 Desember 2021 pada acara penarikan pendamping Desa/Kalurahan Budaya 2021,” ujarnya.

Dia menyebut kriteria penilaian gelar potensi budaya meliputi kreatifitas dan kontekstual serta keutuhan dan keselarasan dalam penyajian seni budaya. Adapun tim juri gelar potensi budaya terdiri dari Institut Seni Indonesia (ISI) yakni Gandung Djatmiko dan Erlina Pantja serta Gregorius Magnus Finesso dari Harian Kompas. Selain itu juga ada Sudiyanto dari ASITA dan Seniman Susilo Nugroho.

Penghargaan berupa piagam, trophy, dan uang pembinaan akan diberikan kepada seluruh kelompok penyaji terbaik 1, 2, dan 3 dan harapan 1 dan 2 serta 2 orang putra putri pendamping terbaik. (R-1)

BERITA REKOMENDASI