Gempa 2,5 SR di Kulon Progo Pagi Tadi, Pusat Gempa Dekat Bandara YIA

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Gempa bumi dengan magnitudo 2,5 SR terjadi di wilayah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Gempa terjadi pagi tadi dengan pusat gempa di daratan. 

Berdasarkan informasi dari BMKG, gempa terjadi pukul 04.29 WIB. Pusat gempa berada di 10 kilometer barat laut Kulon Progo dengan kedalaman 124 kilometer.

"Pusat gempa di darat. Sampai saat ini belum ada laporan getaran gempa dirasakan oleh masyarakat," kata Kepala BMKG Yogyakarta, Agus Riyanto saat dimintai konfirmasi, Rabu (02/10/2019). 

Jika dilihat pusat gempanya, berada tak jauh dari lokasi Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Agus menjelaskan kedalaman pusat gempa yang lebih dari 100 kilometer dan dilihat dari peta tektonik, maka penyebab gempa adalah aktivitas tektonik di zona subduksi. 

"Penyebab gempa pada subuh tadi adalah aktivitas tektonik di zona subduksi," ucapnya.

Menurutnya, BMKG terus berkoordinasi dengan lintas sektoral, seperti pemerintah, pakar dan akademisi. Terutama mitigasi bencana terkait keberadaan Bandara YIA. 

"Koordinasi kami dengan UGM, Pemda, dan institusi terkait lainnya masih dan terus jalan. Sekarang saja kami sedang membangun radar tsunami yang dipasang di pantai selatan Bantul dan Purworejo untuk membackup bandara dan memonitor fenomena gelombang laut pantai selatan," jelasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI