Glagah dan Alwa Dua Titik Perayaan Malam Tahun Baru di Kulonprogo

Editor: KRjogja/Gus

WATES (KRJOGJA.com) – Menyambut malam tahun baru, Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Kebudayaan (Disbud) Kabupaten Kulonprogo siap menggelar acara unggulan yang akan dilaksanakan Minggu (31/12/2017) malam. Dispar mengadakan "Gebyar Tahun Baru 2018" di Pantai Glagah Temon, sedangkan Disbud lebih konsentrasi di Alun-alun Wates (Alwa).

"Disbud akan menggelar pergantian tahun di Alun-alun Wates. Pihaknya berharap Alwa tetap menjadi pusat aktivitas masyarakat. Bisa menjadi ruang ekspresi sekaligus wahana mencari hiburan yang murah meriah. Kami akan tampilkan Parade Band, Angguk Koplo, dan Prosesi Budaya Tanggap Warsa," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan Kulonprogo Joko Mursito SSos MA , Rabu (27/12/2017).

Menurut Joko, Angguk Koplo merupakan kesenian unggulan Kulonprogo yang sudah mulai harus diupgrade dengan selera generasi muda agar bisa eksis di sepanjang zaman dan keadaan. Sedang prosesi budaya "Kidung Gula Klapa" sebagai ungkapan kecintaan dan kebanggaan pada Merah Putih dan NKRI.

Ditambahkan Joko, direncanakan sesuai hasil koordinasi, Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) bersama Forkompimda akan meniup terompet sebagai tanda pergantian tahun. "Itu hasil koordinasinya," katanya.
 
Sementara itu, Dinas Pariwisata menurut Sekretaris Dispar Rohedy Goenoeng Poerwohandoko SSos, juga akan menggelar "Gebyar Tahun Baru 2018" memfokuskan kegiatannya di Pantai Glagah Temon Minggu (31/12/2017) mulai pukul 20.00 WIB. Bakal ditampilkan Jathilan Turonggo Kencono Mudho dari Terbah Wates, serta pertunjukan Pesta Kembang Api. "Kami berharap jumlah pengunjung tetap akan banyak," kata Goenoeng. (Wid)

BERITA REKOMENDASI