Guru Magang Penting Agar Pembelajaran Mendekati Kebutuhan Lapangan

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Bagi kalangan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kegiatan magang penting. Selain mengetahui secara persis dan detil kegiatan di lapangan, para guru juga bisa menyesuaikan proses pembelajaran sehingga materi pendidikan yang diberikan kepada anak didik mendekati apa yang menjadi kebutuhan di lapangan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Sekolah (Kasek) SMK Negeri 1 Pengasih, Sumarno SPd MT di depan para guru sekolah tersebut yang mengikuti magang di Cordia Hotel, Terminal Kedatangan Domestik Yogyakarta International Airport (YIA) Kapanewon Temon, Sabtu (11/12/2021).

“Magang bagi guru merupakan sesuatu yang memang harus dilakukan, karena dengan magang para guru bisa bercerita dan memberikan pelajaran kepada para anak muridnya sesuai apa yang menjadi kebutuhan di lapangan. Dengan menguasai materi dan mengetahui kondisi lapangan yang sesungguhnya maka materi pembelajaran di sekolah bisa berkembang,” katanya.

Mengingat pentingnya hal tersebut karena bisa menguatkan kompetensi para guru, maka magang bagi kalangan tenaga pendidik sekolah kejuruan hendaknya dilakukan secara terus menerus. “Selama ini kan yang magang para siswa, nah dengan adanya guru magang maka proses pembelajaran bisa matching atau nyambung, antara teori dan praktik di lapangan,” tutur Sumarno.

Sementara itu General Manager Cordia Hotel, Bara Mukti menjelaskan, manajemen hotel tersebut memang memberi kesempatan kepada para guru dan siswa sekolah kejuruan khususnya SMK Negeri 1 Pengasih untuk magang. Bahkan mereka telah menandatangani MoU yang salah satu poinnya guru magang.

Selama magang para guru SMK Negeri 1 Pengasih menyaksikan langsung segala aktivitas di Cordia Hotel. Mulai dari proses check in, stay over atau perpanjangan masa tinggal tamu di hotel hingga check out. “Proses selanjutnya para guru menyampaikan semacam ‘over view’ atau pandangan dari hasil pantauan para tenaga pendidik tersebut terhadap semua aktivitas di Cordia Hotel,” jelas Bara. (Rul)

BERITA REKOMENDASI