Habis Rastra Terbitlah BPNT

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Sebelum dimulai program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program beras miskin (raskin) akan menerima bantuan beras sejahtera (rastra). Penerima tidak lagi mengeluarkan uang tebus seperti dalam program raskin.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kulonprogo, Abdul Khahar, Jumat (22/12/2017) mengungkapkan program pemberian BPNT di Kulonprogo dijadwalkan mulai dilaksanakan Juli 2018. Menurutnya, terhitung mulai Januari sampai Juni 2018 tidak ada lagi penyaluran raskin.

Sebagai pengganti, setiap bulan selama enam bulan KPM program raskin akan menerima rastra yang disalurkan oleh Bulog. ”Tiap KK akan menerima beras 10 kg tanpa harus menebus seperti pada saat menerima raskin. Beras yang diterima memang berkurang dari 15 kg menjadi 10 kg,” ujar Abdul Khahar.

Sesuai Keputusan Kementerian Sosial mengenai jumlah KPM dan tahap penyaluran rastra serta BPNT 2018, ucapnya, penyaluran rastra di Kulonprogo dijadwalkan mulai Januari hingga Juni 2018. Jumlah keluarga penerima rastra sama dengan KPM program raskin, sebanyak 47.323 KK. ”Tim Rastra Kabupaten sudah mensosialisasikan ke masyarakat melalui tim kecamatan,” tambahnya. (Ras)

BERITA REKOMENDASI