Hadapi Corona, RSUD Wates Siapkan Enam Ruang Isolasi

Berdasarkan laporan Sekda Ir RM Astungkoro, pemkab bisa ‘mengumpulkan’ dana sekitar Rp 21 miliar untuk penanganan virus corona yang akan diparkirkan di Anggaran Tak Terduga. “Yang sudah ditetapkan dan bisa langsung digunakan pengadaan alat pelindung diri (APD) dan kamar-kamar isolasi tambahan sekitar Rp 10 miliar,” terangnya.

Dirut Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates, dr Lies Indrayati menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan enam ruang isolasi, dan yang masih kosong satu ruangan untuk cadangan, jika sewaktu-waktu ada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) baru. “Pemkab Kulonprogo telah menyiapkan anggaran Rp 7,7 miliar untuk RSUD Wates dalam rangka penanganan Virus Korona. Dana tersebut kami utamakan untuk APD dan renovasi Bangsal Dahlia dengan sepuluh tempat tidur untuk dijadikan ruang isolasi Covid-19,” tutur dr Lies menambahkan pihaknya telah menyiapkan asrama bagi tim medis (dokter dan perawat) yang sudah kontak dengan pasien Corona.

“Asrama tersebut untuk tempat istirahat teman-teman dokter dan perawat yang menangani corona. Dana pengadaan mebeler dan lain-lain di asrama itu kami ambilkan dari anggaran Rp 7,7 miliar tadi,” ungkapnya.

BERITA REKOMENDASI