Hadapi Mudik, Jalan Serang – Kepek Belum Diperbaiki

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Warga Kulonprogo yang mudik Lebaran tahun ini diimbau berhati-hati terutama saat melintas di ruas Jalan Serang – Kepek Kecamatan Pengasih. Kondisi ruas jalan kabupaten tersebut saat ini mengalami kerusakan cukup parah, terutama di sebelah timur dan barat Jembatan Serang.

Selain hampir semua aspalnya mengelupas juga terdapat beberapa lubang yang cukup dalam. Kondisi tersebut cukup berbahaya pagi para pengendara sepeda motor yang melintas.

"Selama jalannya rusak parah, di sebelah Timur jembatan sering terjadi kecelakaan. Baik kendaraan sepeda motor maupun othel banyak yang jatuh," kata Suwito (40) warga Serang, Senin (12/06/2017).

Suwito mengungkapkan, saat para pengendara melintas di ruas jalan tersebut mereka rata-rata menghindari lubang dan memilih jalan yang rata. Sehingga terjadi rebutan jalur jalan yang datar yang mengakibatkan kecelakaan tabrakan atau jatuh.

Saat ini ruas Jalan Serang – Kepek terjadi kepadatan arus lalu lintas lantaran ada pembongkaran jembatan selatan Serang. Selama ini biasanya pengendara yang dari Clereng Pengasih, Kalibiru Kokap dan Jatimulya Girimulyo kalau mau ke Wates maka saat tiba di simpang tiga Serang mereka langsung ke selatan. Tapi karena sekarang jembatan yang ada di selatan Serang sedang dibongkar dan jalan ditutup maka pengendara melingkar lewat Jembatan Serang yang jalannya rusak parah.

Menanggapi hal tersebut Wakil Ketua DPRD Kulonprogo Ponimin Budi Hartono mengimbau pemkab segera memperbaiki ruas jalan yang rusak tersebut. "Sekarang menjelang Lebaran sebaiknya diperbaiki. Toh panjangnya hanya sekitar satu kilometer. Kondisi jalan tersebut saat ini cukup berbahaya. Selain banyak lubang besar dan dalam aspalnya juga pada mengelupas," jelasnya.

Guna memperpendek jarak tempuh, Ponimin juga minta agar pembangunan jembatan selatan Serang diupayakan ada semacam sesek darurat. "Kasihan orang-orang tua yang naik sepeda onthel harus melingkar jauh di jalan yang rusak. Karena itu sebaiknya dibuat 'plipiran' dari besi atau apa lah agar aman dan memudahkan pengguna sepeda," harapnya. (Rul)

BERITA REKOMENDASI