Harga Bawang Putih Impor di Kulonprogo Melambung

Editor: Ivan Aditya

KULONPROGO, KRJOGJA.com – Harga bawang putih impor di Kulonprogo relatif tinggi sejak merebak Virus Corona di berbagai negara. Harga produksi bahan kebutuhan pokok dalam negeri seperti cabai dan gula pasir juga ikut merangkak naik.

“Ada kecenderungan harga bawang putih impor mulai turun. Persediaan di pasaran masih mencukupi. Kenaikan harga bawang putih impor tidak ada kaitannya dengan merebaknya Virus Corona,” ujar Agus Suryanto.

Dari pemantauan bahan kebutuhan pokok, katanya, sebagian besar bawang putih impor beredar di pasaran Kulonprogo. Harga yang sempat mencapai Rp 50.000 pada akhir Februari 2020 mengalami penurunan di kisaran Rp 44.000 perkilogram (kg).

Menurutnya, sekitar dua minggu terakhir harga bawang putih impor di kisaran Rp 45.000/kg. Kenaikan harga bawang putih diikuti bahan kebubuhan pokok lain seperti produksi pertanian cabai dan gula pasir.

“Dari hasil rapat rutin pemantauan harga bahan kebutuhan pokok, impor bawang putih tetap jalan. Kenaikan harga bukan disebabkan persediaan berkurang,” jelas Nanik Triyanti. (Ras)

BERITA TERKAIT