Harganas, Bupati Kampanyekan Perntingnya KB

Editor: KRjogja/Gus

KULONPROGO (KRjogja.com) – Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXII Kabupaten Kulonprogo Tahun 2016 dipusatkan di Kampung KB Pedukuhan Tergiri 2 Hargowilis Kokap, Senin (22/8/2016).  Harganas diisi dengan peluncuran lagu "Ngopo Tuku" dan gerak jalan keluarga sejauh 3 kilometer.

 

Bupati Kulonprogo dr H Hasto Wardoyo SpOG(K) mengkampanyekan pentingnya pelaksanaan program Keluarga Berencana (KB) agar masyarakat dapat lebih sejahtera. Kegiatan ini untuk menyemangati warga, karena di Tegiri 2 sudah ditetapkan sebagai "Kampung KB", sehingga diharapkan keluarga menjadi keluarga yang sejahtera dan terencana. Warga, diminta Hasto, untuk menggunakan kontrasepsi, agar tidak banyak-banyak. Jumlah dikendalikan, dua anak cukup.

Bupati dalam kegiatan itu sengaja memberikan hadiah utama berupa kambing agar dapat mendidik masyarakat untuk hidup hemat, tidak boros. "Dengan kambing, prinsipnya bagaimana hidup harus sederhana, Kampung KB sebagai contoh di Kulonprogo, maka KB harus digelorakan. Keluarga Sejahtera bisa dari keluarga sederhana. Keluarga tidak akan sejahtera bila hidupnya boros," papar Hasto sambil mengajak masyarakat agar kebersamaan terus ditingkatkan.

Peringatan Harganas, kata Kepala Badan PMPDPKB Dra Sri Utami MHum, bertemakan "Hari Keluarga Nasional merupakan momentum upaya membangun karakter bangsa mewujudkan Indonesia Sejahtera" dengan motto Keluarga berkarakter, Indonesia Jaya. "Diharapkan ini mampu membangkitkan kembali program kependudukan dan KB selain mampu memberdayakan keluarga dari sisi ekonomi, kesehatan, pendidikan dan sosial budaya," ujarnya. (Wid)

BERITA REKOMENDASI